BELAJAR MENGGUNAKAN SUBLIME TEXT 3

Share:


sublimetext-3

      Sublime Text 3 adalah sebuah software yang dikembangkan oleh Jon Skinner. Beliau merupakan seorang programmer dari Australia.
Sublime text 3 merupakan aplikasi text editor untuk menulis kode. Banyak sejumlah bahasa program yang ada pada aplikasi ini. Diantaranya PHP, CSS, C, C++, HTML, ASP, Java, dan sebagainyai. Tentu saja, software ini bisa lebih memudahkan pekerjaan pengguna saat membuat sebuah program.
Sebagai seorang pemula yang akan menggunakan Sublime Text 3 sebagai teks editornya, Di bawah ini terdapat tutorial tentang Membuat File PHP di Sublime Text 3.

   
  Langkah pertama
Buka aplikasi Sublime Text 3. Maka akan muncul tampilan awal seperti gambar di bawah ini
1

      
   Langkah kedua
Klik View lalu arahkan pointer ke tulisan Syntax. Setelah itu, akan muncul jendela baru. Pilih salah satu bahasa program sesuai dengan apa yang akan digunakan. Jika ingin menggunakan bahasa program PHP, maka pilih PHP.

Screenshot (220)
  
    Langkah ketiga
Tuliskan tag html pada kotak isian. Jika ingin lebih cepat menuliskannya, cukup dengan 
menulis html dan tekan TAB di keyboard. Maka secara otomatis tag html akan muncul.

2

      Langkah keempat
Di Sublime Text 3, kita bisa mengubah tampilan Color Scheme untuk area teks editor. Caranya klik menu Preferences lalu sorot Color Scheme. Maka akan mucul jendela baru. Kemudian pilih salah satu tema. Disini saya memilih tema iPlastic.

4

      Langkah kelima
Tuliskan tag php dibawah tag body seperti contoh dibawah ini.

hh

      Langkah keenam
Untuk menyimpan file, kita klik menu File lalu pilih Save As.

7

      Langkah ketujuh
Beri nama file misalnya coba_php dan pilihlah lokasi penyimpanan file php. Berhubung PHP hanya bisa ditampilkan jika sudah terinstal XAMPP, maka kita memilih tempat penyimpanannya di folder XAMPP – htdocs – dan buatlah folder baru contohnya latihan-php lalu klik foldernya. Jika sudah, klik Save.

8

      Langkah kedelapan
Sebelum menampilkan file php di browser, terlebih dahulu kita harus mengaktifkan XAMPP. Caranya buka software XAMPP lalu klik Start pada tulisan Apache dan MySQL.
jika belum menginstal XAMPP silahkan ikuti tutorial artikel ini https://tinussangku25.blogspot.com/2020/01/menginstal-xampp.html

9


       Langkah kesembilan
Buka browser misalnya Mozila Firefox. Lalu ketikan localhost/latihan-php/coba_php.php pada kolom address bar. Lalu tekan Enter di keyboard.

10

      Langkah kesepuluh
Maka muncul tampilan akhir sebagai berikut.
11


Sumber : 



Tidak ada komentar

BACA JUGA :

MEMBUAT FORM LOGIN DENGAN PHP MYSQL