APA SIH LOCALHOST DAN HTDOCS ???

Share:
localhost-htdocs

Artikel kali ini akan membahas tentang Localhost dan Htdocs. Langsung saja kita simak.


Setelah sukses menginstal XAMPP, selanjutnya kita mulai belajar tentang pengelolaan web server secara lokal. Mengapa disebut lokal, karena web server ini hanya bekerja pada komputer kita sendiri dan beberapa komputer yang terhubung dalam jaringan komputer lokal (bukan internet) yang terhubung dengan komputer kita. Web server ini bisa dibuka pada browser dengan alamat localhost atau 127.0.0.1.

LOCALHOST  merupakan gabungan dari dua kata, yaitu local dan host. Local berarti lokal atau internal komputer kita, sedangkan host artinya penyedia jasa hosting. Hosting sendiri berarti tempat untuk menaruh file-file dari web server. Singkatnya, Localhost adalah sebutan untuk memanggil hosting pada komputer lokal yang diinstal web server.

HTDOCS adalah folder untuk menaruh file-file latihan PHP kita nantinya. folder ini akan otomatis dibuat saat kita menginstal XAMPP. Saat kita memanggil alamat localhost pada browser maka yang tampil adalah hasil kompilasi dari file-file yang berada pada folder HTDOCS ini.

folder-htdocs

Folder-htdocsFolder HTDOCS terletak didalam folder XAMPP. Kita bisa menambahkan beberapa folder baru didalam folder HTDOCS. Biasanya folder-folder ini merupakan pemisahan dari latihan atau project website yang sedang kita buat. Cara memanggil folder ini pada browser, berbeda dengan cara memanggil folder pada windows.

Misal kita membuat folder “latihan” dalam folder HTDOCS maka kita harus membuka folder ini dengan mengetikkan localhost/latihan atau 127.0.0.1/latihan. Perhatikan tanda “/” yang berbeda dengan cara memanggil folder pada windows yang menggunakan tanda “\”. Hal ini dikarenakan sistem website mengadopsi sistem UNIX yang menggunakan sistem folder ROOT atau “/”.

Contoh tampilan saat memanggil localhost dengan cara memanggil nama (localhost) :

memanggil localhost

Contoh tampilan saat memanggil localhost dengan cara memanggil alamat IP lokal (127.0.0.1) :

memanggil 127.0.0.1

Secara default maka saat kita memanggil localhost akan diarahkan ke halaman pengaturan XAMPP. Jadi jika mengetik localhost pada browser akan otomatis ke direct ke alamt localhost/xampp. Hal ini karena ada file index.php pada folder htdocs yang mengarahkan kita ke folder xampp.

Berikut ini isi dari file index.php tersebut :

<?php
if (!empty($_SERVER['HTTPS']) && ('on' == $_SERVER['HTTPS'])) {
$uri = 'https://';
} else {
$uri = 'http://';
}
$uri .= $_SERVER['HTTP_HOST'];
header('Location: '.$uri.'/xampp/');
exit;
?>

Adalah perintah ini “header(‘Location: ‘.$uri.’/xampp/’);” yang selalu mengarahkan kita ke folder htdocs/xampp. Kita boleh saja menghapus file ini jika mengganggu. Namun jika hanya sebagai latihan, maka kita cukup membuat folder- folder didalam folder htdocs dan kemudian memanggilnya langsung, seperti contohh diatas (localhost/latihan).


Contoh membuat file php pada folder htdocs :


Pertama, buat folder latihan pada folder htdocs

folder-latihan

Kedua, buka php editor, misalnya : bluefish. Lalu Klik File > New

Ketiga,isikan teks berikut ini pada file baru tadi kemudian simpan pada folder latihan dengan nama index.php

<?
//ini adalah file php pertama saya
/*
file ini menampilkan tulisan
" SEMANGAT BELAJAR PHP "
pada browser
*/
echo "SEMANGAT BELAJAR PHP ";
?>

bluefish-simpan-file

Keempat, buka browser, misal: firefox lalu ketikkan localhost/latihan, jika benar akan tampak seperti gambar dibawah ini:

tampilan-pada-browser

Bagaimana???, mudah dipahami bukan?.
Semoga Bermanfaat buat teman-teman.



Tidak ada komentar

BACA JUGA :

MEMBUAT FORM LOGIN DENGAN PHP MYSQL